04 Kisah Perang Baratayuda

 Kisah Perang Baratayuda


Kematian Sakuni. Kepingan badannya dilempar ke lima penjuru dunia.
(karya : Herjaka HS)

Karna menjadi panglima perang, dan berhasil menewaskan musuh. Yudhisthira minta agar Arjuna menahan serangan Karna. Arjuna menyuruh Ghatotkaca untuk menahan dengan ilmu sihirnya, Ghatotkaca mengamuk, Korawa lari tunggang-langgang. Karna dengan berani melawan serangan Ghatotkaca. Namun Ghatotkaca terbang ke angkasa. Karna melayangkan panah, dan mengenai dada Ghatotkaca. Satria Pringgandani ini limbung dan jatuh menyambar kereta Karna, tetapi Karna dapat menghindar dan melompat dari kereta. Ghatotkaca mati di atas kereta Karna. Para Pandawa berdukacita. Hidimbi pamit kepada Dropadi untuk terjun ke perapian bersama jenasah anaknya.

Pertempuran terus berkobar, Drona berhasil membunuh tiga cucu Drupada, kemudian membunuh Drupada, dan raja Wirata. Maka Dhrtadyumna ingin membalas kematian Drupada.

Kresna mengadakan tipu muslihat. Disebarkannya berita, bahwa Aswatthama gugur. Yudhisthira dan Arjuna mencela sikap Kresna itu. Kemudian Bhima membunuh kuda bernama Aswatthama, kemudian disebarkan berita kematian kuda Aswatthama. Mendengar berita kematian Aswatthama, Drona menjadi gusar, lalu pingsan. Dhrtadyumna berhasil memenggal leher Drona. Aswatthama membela kematian ayahnya, lalu mengamuk dengan menghujamkan panah Narayana. Arjuna sedih atas kematian gurunya akibat perbuatan yang licik. Arjuna tidak bersedia melawan Aswatthama, tetapi Bhima tidak merasakan kematian Drona. Dhrtadymna dan Satyaki saling bertengkar mengenai usaha perlawanan terhadap Aswatthama. Kresna dan Yudhisthira menenangkan mereka. Pandawa diminta berhenti berperang. Tapi Bhima ingin melanjutkan pertempuran, dan maju ke medan perang mencari lawan, terutama ingin menghajar Aswatthama. Saudara-saudaranya berhasil menahan Bhima. Arjuna berhasil melumpuhkan senjata Aswatthama. Putra Drona ini lari dan sembunyi di sebuah pertapaan. Karna diangkat menjadi panglima perang. Banyak perwira Korawa yang memihak kepada Pandawa.

Pada waktu tengah malam, Yudhisthira meninggalkan kemah bersama saudara-saudaranya. Mereka khidmat menghormat kematian sang guru Drona, dan menghadap Bhisma yang belum meninggal dan masih terbaring di atas anak panah yang menopang tubuhnya. Bhisma memberi nasihat agar Pandawa melanjutkan pertempuran, dan memberi tahu bahwa Korawa telah ditakdirkan untuk kalah.

Pandawa melanjutkan pertempuran melawan Korawa yang dipimpin oleh Karna. Karna minta agar Salya mau mengusiri keretanya untuk menyerang Kresna dan Arjuna. Salya sebenarnya tidak bersedia, tetapi akhirnya mau asal Karna menuruti perintahnya.

Pertempuran berlangsung hebat, disertai caci maki dari kedua belah pihak. Bhima bergulat dengan Doryudana, kemudian menarik diri dari pertempuran. Dussasana dibunuh oleh Bhima, sebagai pembalasan sejak Dussasana menghina Drupadi. Darah Dussasana diminumnya.

Arjuna perang melawan Karna. Naga raksasa bernama Adrawalika musuh Arjuna, ingin membantu Karna dengan masuk ke anak panah Karna untuk menembus Arjuna. Ketika hendak disambar panah, kereta yang dikusiri Kresna dirundukkan, sehingga Arjuna hanya terserempet mahkota kepalanya. Naga Adrawalika itu ditewaskan oleh panah Arjuna. Ketika Karna mempersiapan anak panah yang luar biasa saktinya, Arjuna telah lebih dahulu meluncurkan panah saktinya. Tewaslah Karna oleh panah Arjuna.

Doryudhana menjadi cemas, lalu minta agar Sakuni melakukan tipu muslihat. Sakuni tidak bersedia karena waktu telah habis. Diusulkannya agar Salya jadi panglima tinggi. Sebenarnya Salya tidak bersedia. Ia mengusulkan agar mengadakan perundingan dengan Pandawa. Aswatthama menuduh Salya sebagai pengkhianat, dan menyebabkan kematian Karna. Tuduhan itu menyebabkan mereka berselisih, tetapi dilerai oleh saudara-saudaranya. Aswatthama tidak bersedia membantu perang lagi. Salya terpaksa mau menjadi panglima perang. Nakula disuruh Kresna untuk menemui Salya, dan minta agar Salya tidak ikut berperang. Nakula minta dibunuh daripada harus berperang melawan orang yang harus dihormatinya. Salya menjawab, bahwa ia harus menepati janji kepada Duryodhana, dan melakukan darma kesatria. Salya menyerahkan kematiannya kepada Nakula dan agar dibunuh dengan senjata Yudhisthira yang bernama Pustaka, agar dapat mencapai surga Rudra. Nakula kembali dengan sedih.

Salya menemui Satyawati, pamit maju ke medan perang. Isteri Salya amat sedih dan mengira bahwa suaminya akan gugur di medan perang. Satyawati ingin bunuh diri, ingin mati sebelum suaminya meninggal. Salya mencegahnya. Malam hari itu merupakan malam terakhir sebagai malam perpisahan. Pada waktu fajar Salya meninggalkan Satyawati tanpa pamit, dan dipotongnya kain alas tidur isterinya dengan keris. Salya memimpin pasukan Korawa. Amukan Bhima dan Arjuna sulit untuk dilawannya. Salya menghujankan anak panahnya yang bernama Rudrarosa. Kresna menyuruh agar Pandawa menyingkir. Yudhisthira disuruh menghadap Salya. Yudhisthira tidak bersedia harus melawan pamannya. Kresna menyadarkan dan menasihati Yudhisthira. Yudhisthira disuruh menggunakan Kalimahosadha, kitab sakti untuk menewaskan Salya. Salya mati oleh Kalimahosadha yang telah berubah menjadi pedang yang bernyala-nyala. Kematian Salya diikuti oleh kematian Sakuni oleh Bhima. Berita kematian Salya sampai kepada Satyawati. Satyawati menuju medan perang, mencari jenasah suaminya. Setelah ditemukan, Satyawati bunuh diri di atas bangkai suaminya.

Duryodhana melarikan diri dari medan perang, lalu bersembunyi di sebuah sungai. Bhima dapat menemukan Duryodhana yang sedang bertapa. Duryodhana dikatakan pengecut. Duryodhana sakit hati, lalu bangkit melawannya. Bhima diajak berperang dengan gada. Terjadilah perkelahian hebat. Baladewa yang sedang berziarah ke tempat-tempat suci diberi tahu oleh Narada tentang peristiwa peperangan di Hastina. Kresna menyuruh Arjuna agar Bhima diberi isyarat untuk memukul paha Duryodhana. Terbayarlah kaul Bhima ketika hendak menghancurkan Duryodhana dalam perang Bharatayudha. Baladewa yang menyaksikan pergulatan Bhima dengan Duryodhana menjadi marah, karena Pandawa dianggap tidak jujur, lalu akan membunuh Bhima. Tetapi maksud Baladewa dapat dicegah, dan redalah kemarahan Baladewa..

R.S. Subalidinata

Baca juga Mendung Diatas Langit Mandaraka “Kisah Cinta terlarang Arjuna (Versi Wayang Jawa)

248 Responses to 04 Kisah Perang Baratayuda

  1. Pingback: Kisah Perang Baratayuda | ginaujawa

  2. Dedi Eko says:

    Mantap kisah nya…..thx

  3. andiyani says:

    wah bgs bggggtttttttttttttttttttttttttttttttt

  4. Jimi Roy says:

    memang jika nafsu keserakahan telah menguasai, kesemuanya bakalan hancur, tanpa peduli ibu, bapak, guru, saudara kandung teman sejawat terjadi permusuhan, bahkan saling membunuh, begitulah tipu daya perusak alam semesta alias setan, yang selalu tidak senang manakala manusia hidupnya dalam kedamaian, pasti berusaha agar saling bermusuhan, siapakah yang salah sebenarnya? hanyalah karena mengikui nafsu angkara murka,sadarilah

  5. Aldin says:

    Mahabharatha apikk

  6. atin says:

    saya suka,bagus sekali

  7. Daniel novianto says:

    Siip..

  8. reza says:

    i like this story…

  9. tri says:

    kisahnya beda2 ya..
    ga jelasss………

  10. tunas says:

    Sangar

  11. Raihan says:

    Seru sih seru tapi ceritanya pendek banget

  12. ShabrinaDH says:

    Lumayan lah ada pengetahuan cerita perang Bharatayudha …

  13. Sipp kisah mahabaratanya. Utk tambahan Ilmu Pengetahuan.

  14. keren banget ya ternyata cerita mahabaratha, tapi kenapa karna mati, hiks hiks, padahal kan saudara sekandung sama arjuna, ganteng banget lagi kan ( cerita di TV sih gitu, tokohnya ganteng banget heheh ) .. aishhhh

  15. nana says:

    tmbah pengetahuan

  16. Oktania says:

    Wah bagus ceritanya,TOP BGT
    Boleh dong posting lagi yang lebih dahsyat..

  17. siea says:

    Kerennn abizzzz

  18. Marni says:

    Wowww…..seru n kerenn habizzz….

  19. armad says:

    Tai ucing dilebuan.

  20. marini says:

    Serruuu bangeeettt.. Bagusss sekali ceritanya

  21. saputra says:

    asekkk bngt c critax

  22. adiandra says:

    woww bagus ceritanya qw sangat suka bingitsssss!

  23. adiandra says:

    kak tambah lagi yang banyak soalnya ceritanya bagusss bingits!!!!!!!!

  24. Kosah nya beda2 tp rame2 semuanya

  25. azarine says:

    tambah pengetauan zaman dahulu tentang perang barata yuda. cerita zzaman dahulu eman keren abizzzzzzzzzz………….

  26. zhazkhiana says:

    siiipp ceritanya bagussss

  27. phury dhevfiiey says:

    duh krenn bngt deh sii bhima minum darah .. tpi Kya vampire .. Hehe

  28. luckychandra789 says:

    ship

  29. Keren,,seruuuuuuuuuu nya pake banget
    Durasinya diperpanjang dong

  30. aad says:

    sangat bagus

  31. yesi says:

    terus akhirnya siapa yang menang ?

  32. Nisha puja says:

    Aaaa gasabar nonton ahir ceritanya jadinya .-.

  33. dhee says:

    woooow i like it

  34. Bombo Unyil says:

    He…he ternyata Gatotkaca anak Bima dgn Arimbi botak..lho.

  35. Aldy Ghazali says:

    Kematian kunti bagaimana ?

  36. annisa says:

    Is the best of mahabharata

  37. Seviana says:

    Bagus sekali ceritanya. :-) ^_^B-):-D:-);-):-P:-O

  38. ramdan abdul kholik says:

    trus skrng rajanya siapa ,,,?

  39. Tilamaya says:

    Kok versinya beda2 ya?

  40. anton says:

    kisah yg penuh maknaö

  41. tio says:

    Salya itu siapa? Baladewa itu siapa?

  42. kholilah says:

    kisah mahabharata ada di indonesia ada pula di india.

    • Yusep says:

      Kan budaya india menyebar ke daerah asia tenggara dan asia timur.agama hindu dan budha berasal dari india jadi cerita mhabarata juga ada di daerah2 trsbut.

  43. kholilah says:

    nanti raja hastina yaitu yudisthira putra pandu

  44. andin says:

    kresna itu memihak siapa? pandawa atau kurawa ?

    • Bombo Unyil says:

      kresna itu anak dewa wisnu dia mengatur drama baratayuda agar berjalan apa adanya sebagai panglima perang pihak pandawa.

      • Yusep says:

        Ralat gan kresna itu titisan dewa wisnu, dalam kisah ramayana juga wisnu menitis jadi raja rama.dlam ajaran hindu dewa dapat menjelma jadi manusia

  45. dimas kresna says:

    Krisna itu selalu mau ikut urusan orang kepo bingit sich aku P̤̈έήğë♌ nge bunuh kresna kalo bisa

    • Bombo Unyil says:

      Kresna itu sutradaranya(titisan) dewa wisnu yang membuat-merancang drama kehidupan didunia ini termasuk mahabharata, nonton selengkapnya Serial Mahadewa (ANTV hari rabu 9Juli2014) kalo mau melihat hasil karya dewa wisnu.

  46. Helmi A. says:

    CeRiTaNyA oKe BaNgEt
    #okeoke

  47. SePuDuN says:

    Uhuy seru bangau
    #hah

  48. sejahtera says:

    tidak ada suri auladan yang baik

    • Bombo Unyil says:

      banyak sekali gan… terutama dialog kresna , arjuna dan karna dan semua tokoh utama mahabharata.

    • sefi says:

      banyak bangeet…..pihak pandawa menjunjung tinggi kebenaran, keteguhan…ketabahan, kesederhanaan..mengalah untuk kebenaran dan kebahagiaan…menghormati orang tua..salibg mengasihi antar saudara..lebih baik diri sendiri menderita untuk kebahagiaan dan kedamaian, rela mencopot mahkota untuk menghindari permusuhan dg pihak kurawa, sangat menghormati guru dan yg lebih tua. pokoknya banyak banget pelajaran yg bisa diambil untuk yg mengerti

    • Yusep says:

      Tergantung siapa yang menilai gan, ane sendiri selaku muslim tentu punya pandangan tersendiri seperti judi itu bagaimanapun haram, di mahabarata ada cerita tentang pandawa berjudi dengan kurawa.hanya suka dengan garis besar ceritanya

  49. andhy saputra says:

    Mantapp

  50. Seru Juga nih :D Episodenya masih lama gak ??

  51. Yadi says:

    Mantaf…

  52. Dea Dennis says:

    Mksih atas info ny y,,,, pokok ny keren bgt decchhh!!!!

  53. yeri says:

    sebenarnya cerita mahabaratha it dr jawa ap india ya sebab ceritanya sering ad di wayang kulit.

  54. nesa says:

    mahabharata emang seru karna serunya perang besar bratayudha
    yang disebut perang bersaudara

  55. ahmad miroj says:

    Mahabharata mengisahkan tentang korawa dan pandawa yang berbeda karakter korawa berkarakter licik dan jahat sedangkan pandawa baik dan membela kebenaran

  56. hanie says:

    kerdn bgt.. good job. pandawa…

  57. hanie says:

    keren bgt.. good job. pandawa…

  58. yyy, bener banget,bagus kisahnya! :-)

  59. arief coy says:

    sipz

  60. fangki says:

    saya suka mahabarata apalagi ada basudewa krisna

  61. rifky says:

    lumayan tapi bagusan di tipiiiii

  62. dhiyah azzoe viergonia says:

    wow… So embrassed.. -_-

  63. emilia rosman says:

    bagus bnget, aq suka. pemeran na ganteng2. aq suka kresna n arjuna.

  64. emilia rosman says:

    keren, bgus bnget…

  65. Mahkota Health n Beauty Shop says:

    Sep2…
    Mw sekalian sebar pin invite yaaa 28DB5A52.
    Thx^

  66. ahmadcsn says:

    kenapa pandawa di katakan tdk jujur oleh baladewa

  67. NiLuh Devi Yuniantari says:

    Ceritanya keren!

  68. Parah pas perang baratayudah^^¤¤¤…..sadis

  69. yulya aprilia says:

    criitanya apiik puollll

  70. with says:

    mahabharata aslinya di india. terjadi sekitar 3000 tahun sebelum masehi. ato 2000tahun setelah zaman ramayana. kisah lengkapnya ditulis oleh bhagavan byasa(vyasa) yg jg pelaku dan saksi kisah tsb. Bekas dan puing kerajaan nya krisna, dwaraka jg telah ditemukan didasar laut olh para ahli barat yg sesuai kisahnya tenggelam krn kutukan dan tersapu tsunami besar. kisah mahabharata tersebar k berbagai penjuru dunia, dg banyk versi tergantung oleh yg menceritakannya. versi thailand, versi jawa kuno, versi bali, semuanya disana sini terdpt bbrp petbedaan. aplg saat jaman wali d tanah jawa, kisah mahabharata sdh dimodifikasi oleh para wali utk kepentingan penyebaran agama islam d jawa. versi jawa bahkan sdh dimodifikasi seolah setting cerita ada dijawa. dan gatotkacapun beda penampilan dg versi aslinya di india. krisna sendiri adalah salah satu avatara wisnu yg bereinkarnasi sbg manusia yg mempunyai tugas sbg pelindung dan penuntun pihak kebenaran yg diwakili pihak pandawa. bs dibayangkan klo tdk ada krisna. maka sejak awal pandawa sdh habis. krn terlalu polos dan berpegang teguh pada kejujuran namun selalu diperdaya oleh pihak korawa dan tokoh licik sangkuni. jk tdk ada krisna mk raja kamsa yg jahatpun pasti akan tetap berkuasa. dan hastina dg korawanya akan menguasai daerah arya atau india dan skitarnya, dg gaya kas si jahat duryodana. dr mahabharata bnyk ditemukan sgala macam karakter yg patut ditauladani dan bnyk karakter yg tdk pantas utk ditiru.

  71. casiyo says:

    Ko, ceritanya ga sampe selesai sih penasaran nih?

  72. dhea puspita kusmandari says:

    kayaknya dari ceritanya seru tapi penasaran sm filmnyadeh

  73. fita says:

    pecahan cerita mahabarata itu apa saja?
    thx

  74. Agus susila says:

    Bhima menang

  75. yefry says:

    kresna tokoh seorang mc…..,….

  76. sonia dwi syahputri s says:

    kasihanya para wanita pada saat perang bharatayuda itu suaminya pada gugur di medan perang semoga di terima di sisimu ya allah amin

  77. Ismy Riwayat says:

    Mbah Semar nya mana kq gk ikut

  78. luqman says:

    Asik amat ceritanya jadi mau beli bukunya.tp bukunya ada ga yah?????

  79. irawati says:

    Ok mantep

  80. rhez says:

    Kereenn abis critanya juga filmnya,, buat nambah ilmu tentang pewayangan… Nggak nyesell dehh… :)

  81. keren.. banget.. pngen tau sjrah yng lbih lgkp…

  82. Alamsyah says:

    Asik Bangetsss Sich Ceritax Menantang. ..

  83. Ennhiy inhe innhe says:

    (y)

  84. ahas says:

    Kisah mahabrata itu menjdi pelajaran buat kita,,,kebenaranlah yg akan menang terhadap angkara, nafsu kekuasaan dan iri hati

  85. senggol bacok says:

    ..Lha abimanyu..
    ..Apa gak ikut perang..?? ƪ(“˘ _˘ “)ʃhadЄЄwW²Hhv( ‘.’ )v

  86. choirul huda says:

    cerita mahabarata mengambarkan keserahkaan manusia,yg slalu mengutamakan harta dsn tatanya,tidak perduli itu saudra dan sanak familynya-X(

  87. selamet riyanto says:

    good

  88. enggar says:

    Semar dan ank2nya (gareng,petruk,bagong) atau yg kita kenal dgn punakawan itu hanya ada di mahabarata versi jawa. Itu sudah dimodifikasi .
    Kalau di crta mahabarata India ga ad tokoh punakawan

  89. APAPUN AGAMA.SUKU RAS GOLONGAN
    DIHADAPAN TUHAN HANYA HATI DAN TINGKAH LAKU YG BAIK GITU AJA

  90. Engkos koswara says:

    W suka bngit nh ma crita masa lampau pa gy mhabarata dn yg lain’a…v kpan nh akhir crita mhabarta d tv nya yua gg sbar bngit nh…hmmm!!!!

  91. farid says:

    Antv kebanyakan iklan.filmnya bagus.

  92. wahid junaedi says:

    aq sangat senang adanya film mahabarata yudha
    menambah ilmu tentang pewayangan
    yg nota beni adalah contoh dr kehidupan manusia
    asal bisa merenung dan mengambil hikmahnya…
    berprilaku sebagai seperti pandawa…
    cuma syg juga klo terlalu benar dn mengalah jadinya di dunia ya sengsra…
    walau akhirnya akan menemukan kebahagian dan ketentraman
    ya intinya ambil hikmahnya yg bagus dr segi positifnya ok thanks

  93. wahid junaedi says:

    ohya rencananya antv akan menghadirkan beberapa artis pendukung di taman mini indonesia indah
    semoga nanti aq bisa berpose bersama artis2 yg di undang oleh antv
    terutama aq ingin foto bareng dewi kunti yg cantik hehehehe
    dan arjuna yg ganteng.

  94. Bagus bikin tambah wawasan bagi anak muda sekarang

  95. muhammad yasin says:

    thanks y

  96. khoirun nisa says:

    top bngetz….

  97. benar2 pertempuran yang luar biasa dahsyat nya

  98. Vijja Mukti says:

    DI jadiin bahasa jawa bisa gak kk? butuh buat tugas nih. susahnya nyari dalam bahasa jawa T_T

  99. Mirza D. Luffy says:

    Cerita yg seru! Mantap!
    Lumayan lah dgn adanya film Mahabharata jadi ada tontonan film yg seru n berkualitas di tv yg dirindukan pemirsa slama ini..
    Daripada liat FTV indonesia yg ga mutu n juga lawak2 yg juga ga mutu, lebih baik nonton Mahabharata, walaupun film India, yg penting Berkualitas.. :)

  100. Keeereeeeennnn……….

  101. Mantap abissss……..

  102. gua bener kesel banget sekarang gara gara cerita gitu doang

  103. Echa says:

    Berbeda keyakinan tapi satu tujuan TUHAN YANG MAHA ESA.

  104. lutfan says:

    apik aku lolz

  105. laila faiha as-syadzili says:

    yang belum tahu tentang makna kehidupan pelajarilah inti dari cerita mahabharata.khususnya buat yang sombong,angkuh,serakah,egois.
    renungkanlah. . . . .!?

  106. dudy rusdiawan says:

    kisah mahabharata emang top..unik..penuh dgn berbagai karakter manusia

  107. heniramona says:

    ╔╦╦╦═╦╦╦╗╔╦╦╗
    ║║║║║║║║║║║║║
    ║║║║║║║║║╠╬╬╣
    ╚══╩═╩══╝╚╩╩╝

  108. Ipin Riadi says:

    Waw kisah nya seruh

  109. mhd fazar sidik says:

    kyak kontol cerita nya pon

  110. zxcvbnm123 says:

    Sipp…. Bisa buat tambah ilmu
    Jadi,g usah bljar deh…

  111. zxcvbnm123 says:

    Sippp…. deh bisa buat bljar,juga tambah ilmu

  112. ozy says:

    baca ceritanya aja seru . apalagi lihat langsung tayangannya di tv . wow . amazing . :)
    arjuna vs karna

  113. Keren banget ceritanya….?
    dan arjuna ganteng mirip aku.

  114. lina lintuh says:

    hi kk semuanya ^_^ kunjungi juga ya blog lina di Penivagi ditunggu ^_^

  115. Noer Riza says:

    Bagaimana cerita lengkap tentan kematian Sangkuni

  116. fathurrazaq says:

    gandiwa arjuna sangat hebat saya suka sekali

  117. fathurrazaq says:

    GAMPANG KOK MENGALAHKAN PANDAWA DAN KURAWA ANAK KECIL AJA BISA? MAU TAU CARANYA TINGGAL DI MATIIN AJA TVNYA WKWKWKWKWKWKWKWKWKWK GAMPANG BANGET KAAAAAAAAAAN HAHAHAHA ^_^

  118. fathurrazaq says:

    wakwau apa mana apa mana imanaaaa i ongkol soek ^_^

  119. Adind Balzah says:

    Top abizz dech pokoknya,apalagi klo nonton di ANTV,pokoknya film no.1 qu,jam tayang nya di tambahin lagi ya.

  120. taufik says:

    i love you

  121. sadewa says:

    crit.x kren abizz jdi gk sbar pngen liat vidio.x

  122. nia says:

    Bhima kerenn abisss!!

  123. hayati fadillah says:

    ya ,,bagus . bima memang hebat bisa mengalahkan duryudana yang licik ..

  124. spenagamen says:

    jan cerita maen banget

  125. Waw keren banget pengen cerita nya lebih lengkap lagi ….

  126. romalasari says:

    the best story.

  127. kisah mahabarata mm ksah yg bikin kta sedih n membahagiakan. dr ksh itu aq bs brpikir kl0 ksirikan,kebohongan,n kserakaan dapat menghancurkan kt sndr n smua yg ada ddlmnya.

  128. ghita isha says:

    I love mahabarata

  129. seru banget mahabharatanya lanjutin dong lanjutin september 26 2014 14.00

  130. ando says:

    wag bagus ya ceritanya.lagu nya abimanyu sedih sekali saat dia mati

  131. kresna says:

    film nya mbulet kaya benang ruwet.gak perang”

  132. kresna says:

    kapan ini jadi nya perang nya kok cuma cerita doank.(n)

  133. Ayesha says:

    I LIKE IT MAHABARATA,Ayesha n my baby arjuna ookk

  134. agung@yuda says:

    Oke banget top abizzzz

  135. farida khairani says:

    . udhh,gak sbarr lagii nunggu pandava sma kurava perang

  136. mulyadi bae says:

    Sungguh satu ceruta yg mengharukan!
    Rasa suka ,senang ,sedih dan rasa jengkel,di kemas jadi satu bagi yg menyaksikanya.
    Begitu mahalnya sebuah kebenaran,
    Hingga tuk menagak kan kebenaran ,hingga yg dihormati,yg disayangi dan yg di kasihi….
    Menjadi tumbal kebenaran itu.
    Ok….,aku suka banget ceritanya!

  137. tyo says:

    ditunggu nkelanjutannya

  138. Tyo says:

    kirim cerita lengkapnya ke email saya yaa

  139. Kisahnya seru Dan asik Tolong Kirim cerita lengkapnya ke facebook saya :)

  140. mochammad akmal fatoni says:

    cerita ini sangat seru

  141. YENI says:

    ADUHHHH cobk aja gk ada semponsor pas hati ku bahagia

  142. begitu besar pengorbanan pandawa…

  143. fhikapu says:

    Ceritanya sangat bagus sekali

  144. Semua perilaku ada sekarang semuanya ada di mahaberata , judi , keserakaan, kelicikan, adan lain2nya ada di kisah mahaberata jd gk nyesel kl kita mepelajari cerita mahaberata ini…!

  145. ayi sujana says:

    waw duren

  146. Thalia Evita putri says:

    Keen cerita’a

  147. siti aminah says:

    Kenapa Arjuna harus membunuh karna padahal karna adalah kakaknya sendiri

  148. eryan nurdiansyah says:

    Satya dan baladewa itu spa? Di serial tv ga prnah liat.

  149. Syaharaniputri says:

    T.O.P bgt siih criitanya

  150. Ok pol wes apik bingits wez

  151. agendoza666 says:

    akhir nya karna kalah juga sama arjuna hahaha

  152. Amarul Hakim says:

    Mahbrta yes

  153. budayyy says:

    Baguzzzzzz

  154. novilya says:

    Kenapa yang harus di korbankan adalah arjuna/karna padahal mereka adalah saudara satu ibu……..:( :( T_T

  155. Utari says:

    Selain Ceritanya Yg Menarik Mendidik Lagi . Tapi Abhimanyu Kok Gk Diceritain Sih Gan? .

  156. esrik says:

    Saya suka saya suka….
    hidup kebenaran,,

  157. shafia says:

    bagus ceritanya

  158. sandy says:

    keren bhoo, apalagi yg jdi arjuna saya :-)

  159. ardika putra says:

    Perang yang sangay seru untukkbenaran

  160. valen says:

    akhire duryodhana kalah hu wahahaha

    • eko yuli says:

      cerita yg kaya akn nilai” dlm khdpn yg dgmbarkn dr krkter pndawa n kurawa. mrka crmin dr krkter mnsia d dunia yg mn kbenarn, kbaikn, kjjurn vs kjahatan, kserahn, kbohongn dll..
      kalimt yg d ucapkn tokoh”x(krisna, drupadi, karna, arjuna) sy suka.. bgtu jg
      yudhistira yg brpgang tguh pd kbnarn.
      pokokx sip pke bnget..

  161. Teguh Esa says:

    sedih banget cerita dari baratayuda..

  162. sidny amelia says:

    mahabarata mengkisahkan lima pandawa melawan seratus kurawa dalam perang baratayudha. karna yg seharusnya memihak pada pandawa tapi ia malah memihak kurawa. karna ia merasa di hargai oleh kurawa maka dari itu ia masuk kurawa. karna tidaklah sombong dan tidak jahat, ia memilih jalan yg salah ia tergabung dlm orang orang licik dan jahat. karna menyadarinya tapi karna sudah terikat janji pada douryudana. dlm pertempuran guru drona terbunuh oleh destra yumna, bhisma terbunuh oleh panglima sri kandi, karna terbunuh oleh arjuna, salya terbunuh oleh nakula, dursasana dan douryudana terbunuh oleh bhima. kisah ini merupakan kisah nyata pada masa lampau

  163. rizqi subagja says:

    Ceritanya oke banget

  164. hartinah says:

    Cerita nya bagus banget

  165. eka saputra says:

    ceritanya amazing banget

  166. amalia ibrahim says:

    wah….. ceritanya banyak yang ngaco ! apalagikematian karna! kisah barathayuda ma bkn kaya gini! siapa sih yg bikin?

  167. nabilla says:

    cerita itu amatt sangat seru,dan bersejarah

  168. holil says:

    klo di tv sakuni matinya bukan di bunuh bima, tapi di bunuh oleh sadewa

  169. ario adjie wicalsono says:

    Bagus bgt, semangat ya pandawa dan korawa ({})

  170. Wah,seru sekali ceritanya,pengen banget nonton Mahabharata di tv ku sayang tvku gak dapat Antv,jadi bisanya lihat di google deh,eh tambahin dengan gambar atau fotonya yaa,YA ALLAH DAPATKANLAH AKU SIARAN ANTV DAN AKU JUGA INGIN MENYAKSIKAN NAVYA KARENA DISITU ADA IDOLAKU YAITU SHAHEER SHEIKH KALU MAHABHARATA MAH YA ALLAH AKU NGEFANS SEMUA PEMAINNYA KECUALI SANG KUNI

  171. ceritanya saya minta utk di tambah lagi krn cerita ini sangat seru utk di baca.

  172. perang baratayuda hebat bingitsssssssss.poko’nya okkkkk banget deh ceritanya !!!¡

  173. good job dech buat pandawa i love.film mahabarata bnyk contoh sifat manusia jadi nambah ilmu gua tentang sejarah perang baratayuda.

  174. endikz rendhenk says:

    indah,,tpi wisanggeni kq mati

  175. rizal says:

    tambahkan lagi critanya smpai yudhistira jdi raja hastinapura

  176. ceritanya baggus bngttt.i like it for mahabharata ilove:>

  177. Mah Sun says:

    bagi orang yang HAUS AKAN KEKUASAAN WAJIB hukumnya melihat mahabharata…

  178. YUTAKA YOOYOK SAPUTRA says:

    bagus critanya, aku jadi nyambung kalo nonton di ANTV dan yg lebih asyik akhir critanya udah tahu duluan siapa-siapa yang terbunuh oleh siapa. (Udah tahu duluan kok asyik ya nggak seru lah nontonnya!!!) he..he..he..

  179. riki subahtiar says:

    buat pengetahuaan saja

    I LIKE IT….. :-)

  180. perang baratayuda semakin seruuuuu. ayo maju terus pandawa q pasti mendukungmu !!!

  181. Alvin says:

    Mmaaaaaaahhhhhaaaabbbaaaarrrrrrraaaaaattttttttttttaaaaaaaaahebat

  182. Dian Hunnie Hae says:

    hukum manusia ada sebab membawa akibat gitu…loo…….

  183. Alya says:

    Wah bgs bngt.tp syang krng detail+gambar…he…he…he

  184. padianto says:

    sopo nantur bakal ngunduh

  185. felix says:

    bagus cerita nya

  186. felix says:

    bagus sekali cerita nya

  187. Ipang says:

    Asiiik banget ceritane walaupun ada yang beda dikit2 itu biasa, wong namanya aja cerita/sejarah jaman dahulu boanget… Tapi mlayan menghibur, thanks lot

  188. yunita says:

    Waduh,, hebatt seru ceritannya cuyy!!

  189. nisa says:

    Α̍̍̊ЌŪ §ŪЌǻ Bάи̣qε† $∂♍ā film ♏åћåβƦå†å $∂♍ā navya

  190. sidny amelia says:

    thanks atas infonya.. ngomong ngomong tau dari mama

  191. Rebecca says:

    Sebenarnya ceritanya kurang menarik

  192. Next lanjutan ceritanya :)
    akhir dari perang barathayuda

  193. devi says:

    ihh top,tpi Klau lama Baca pushing jga

  194. fransika says:

    Ceritanya bedagak napsu liatnya masa nama baladewa seharusnya basudewa ini baladewa gak jelas dan seharus nya gatokaca mati bukan dibakar satu lagi masa ada dewa naga seharusnya dewa ular masa dewa naga hu bosan

  195. bagus bingitssssssssssssss tapi qu mau tau klanjutan ceritanya

  196. NUR AMANI says:

    cakep dah cerita nye

  197. ELINDA AISYAH says:

    BAGUS BANGET

  198. obeg oskar says:

    mantappp…

  199. dimas says:

    baratayuda membuat semua jadi mati akibatnya anak pertama dari kunti mati yaitu ‘KARNA’

  200. KISAH PERANG BARATAYUDA SIDIH RASANYA KARENA ARJUNA & KARNA SALING ANTAR BUNUH DAN KUNTI LANGSUNG NANGIS MELIHAT KEDUA PIHAK SALING MEMBUNUH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s