Forum Mahabharata

permisi, para pemeluk agama hindu.
hai para pengagum literatur mahabharata sedunia.

ini adalah thread literatur mahabharata versi asli – bukan versi pewayangan. sekedar berbagi, meramaikan forum literatur, dan mencari teman yang lebih expert dengan mahabharata.

Saya tidak tau harus memualai dari mana , apakah memulai dari Kisah Mahabharata versi Asli (India Kuno), Versi ANTV (Film Serial Mahabharata karya sutradara…..) yang sementara ini ditayangkan Tgl 9 Juli 2014 episod Arjuna dan saudaranya memohon restu perkawinannya dengan Drupadi kepada Ibunda Dewi Kunti.

Dalam kebingungan saya , sebagai wujud kekaguman pada mahabharata, akan saya mulai dari intrik-intrik yang tidak dipikirkan oleh awam

Bagaimanakah awalnya sehingga kisah mahabharata ini eksis??, kenapa kisah ini harus eksis?, dan apa makna semuanya??, apakah kisah ini perna ada?,

Siapakah Tokoh (yang paling) utama dalam Kisah Mahabharata????

Kresna…..

Kresna terlahir dari ………, dan merupakan titisan dewa wisnu. Yang mengatur drama (Sutradara) kehidupan didunia ini.

Cuplikan…

Raja Pancala , Maharaja Drupada karena keangkuhannya dan dendam kepada Drona, meminta kepada para resi untuk diberikan seorang anak laki2 yang akan membunuh Drona pada upacara penyembahan (Kepada Api). Para Resi sebenarnya tidak menyetujuinya karena Raja Drupada telah mempunyai seorang putri Srikandi yang hebat dan dapat memimpin balatentara kerajaan Pancala. Dalam kemurkaannya Raja Drupadi mengutuk bahwa sekalipun para dewa memberikan seorang putri yang sangat cantik dan hebat tetapi karena dia seorang wanita maka dia akan menderita seumur hidupnya. Karena Kata dan kutukan seorang Ayah (Raja Drupadi) maka menggelegarlah alam semesta ini dan tercipata Dristadiuna (seorang Putra Kesatria) dan beberapa saat kemudian tercipta pula Drupadi (seorang Putri yang sangat cantik).

Karena kelahiran Drupadi tidak diinginkan oleh Ayahnya Drupada, maka Drupadi  membuang/menghindar diri dari Pancala. Alasan Drupadi meninggalkan Pancala karena keCintaan Drupadi kepada ayahnya , ia tidak ingin melihat ayahnya menderita karena keberadaanya sebagai seorang wanita.

Dalam pengembaraan Drupadi , dia selalu ingin mencari alasan/jawaban kenapa dia dilahirkan , dan untuk apa dia dilahirkan.. untuk kesekian lamanya Drupadi tdk pernah mendapatkan jawabannya , sangkin putus asanya Drupadi ingin mengahiri hidupnyatiba2 muncul Kresna (Titisan Dewa Wisnu) dan berkata “Wahai Putri Drupadi , engkau tidak akan pernah mendapatkan jawaban pertanyaanmu itu, karena mereka yang ditanya pun tidak akan pernah mengetahui dirinya kenapa dan untuk apa dia dilahirkan.”, kata kresna lebih lanjut “Pertanyaan yang benar adalah Siapakah dirimu sebenarnya”… , “untuk mengetahui itu semua marilah kita kembali ke Pancala”

………. itulah cuplikan awal kisah Mahabharata.

Cuplikan sebelumnya hanya menceritakan jati diri para tokoh mahabharata serta silsilanya. Mulai dari raja santanu- sampai dengan kelahiran para pandawa dan kurawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s