Gandhara · Gandharwa · Gomanta · Gujara

Kerajaan Gandhara merupakan kerajaan di wilayah India Barat. Kerajaan tersebut muncul dalam kisah epik Mahabharata dan juga Ramayana. Raja Gandhara, Sangkuni, merupakan akar dari segala konspirasi mengenai pertentangan antara Duryodana dan para Pandawa, yang berakibat meletusnya perang di Kurukshetra. Dalam Mahabharata, kerajaan ini turut berpartisipasi dalam perang di Kurkshetra dan memihak Duryodana. Adik Sangkuni merupakan istri Dretarastra, yang dikenal sebagai Gandari. Kerajaan Gandhara (Gandhara Barat) berada di wilayah provinsi Kandahar di Afganistan. Gandhara Timur berada di wilayah Pakistan. Puskalawati, Takshasila (Taxila) dan Purushapura (Peshawar) merupakan kota di Kerajaan Gandhara. Takshasila didirikan oleh adik Rama Ragawa — Barata. Kemudian keturunan Barata memimpin kerajaan tersebut. Selama zaman Mahabharata, Gandhara dipimpin oleh Subala (ayah Sangkuni), Sangkuni, dan putera Sangkuni. Arjuna mengalahkan putera Sangkuni selama misi berkampanye untuk upacara Aswamedha Raja Yudistira.

Kerajaan Gandharwa merupakan salah satu kerajaan India Kuno yang dihuni oleh bangsa Gandarva, salah satu bangsa makhluk legendaris yang muncul pada zaman India Kuno. Mereka sangat mahir bermain musik dan menari. Gandharva juga merupakan bangsa ksatria tangguh yang tersebar di daratan India. Seorang ksatria Gandharva bernama Chitrangada membunuh seorang Raja Dinasti Kuru bernama Chitrangada dengan alasan bahwa tidak ada dua orang Raja dengan nama yang sama akan terus hidup. Sekelompok Gandharva pernah mengalahkan Duryodana serta sekutunya yang kuat seperti misalnya Karna. Salah satu Gandharva bernama Angaraparna, menantang ksatria besar seperti Arjuna ketika menyebrangi sungai Gangga. Meskipun sangat kuat untuk para ksatria, Gandharva takluk kepada Dewa, yang pernah menaklukkan bangsa Gandharva pada zaman dahulu kala. Karena Gandharva tinggal di kerajaan surgawi yang dipimpin Indra, mereka tunduk pada Dewa. Beberapa Raja Gandharva diceritakan dalam kisah Mahābhārata. beberapa dari mereka di bawah pimpinan Dewa Indra, sebagaian lagi di bawah kuasa Kubera, Raja Yaksa.

Kerajaan Gomanta

Kerajaan Gurjara (disebut juga: Gujjars, Go Rashtra, Gopas, Gopa Rashtra, Go Jana Rashtra, dll.) merupakan salah satu kerajaan yang diperintah oleh para Raja dari Wangsa Yadawa di India Tengah dan Barat.
Dalam Mahābhārata, kerajaan tersebut muncul sebagai Gopa Rashtras dan Gopas. Mereka ikut berpartisipasi dalam perang di Kurukshetra dan memihak Duryodana, namun memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dengan Wasudewa Kresna. Gurjaras atau Gujjars kemudian menghuni lembah timur Aravalli di Rajasthan. Akhirnya beberapa suku bermigrasi ke sebuah daerah yang kini disebut Gujarat, setelah mengganti nama Gujarasrtra atau Gujarat menjadi Gujarat, negara bagian modern di India.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s