Pancala

Kerajaan Odra

Kerajaan Pahlawa merupakan salah satu kerajaan India Kuno yang berada di sebelah barat, dan diidentifikasi sebagai wilayah kediaman suku dari Iran. Kerajaan tersebut cukup dikenal, bahkan pada saat ekspedisi Alexander Agung. Kerajaan tersebut juga muncul dalam kisah epik Mahābhārata.

Kerajaan Pancala merupakan kerajaan Wangsa Paurawa, terbentang dari Himalaya di utara sampai sungai Charmanwati di selatan, seperti yang diceritakan dalam kisah epik Mahabharata. Di sebelah barat terdapat kerajaan Kuru, Surasena, dan Matsya, sedanglan hutan Naimisha terletak di timur. Kemudian, Pancala terbagi menjadi dua, yaitu Pancala Selatan (Pancala pusat dipimpin oleh Raja Drupada, mertua para Pandawa) dan Pancala Utara (dipimpin oleh Aswatama, putera Drona. Drona dan Drupada dulu merupakan teman, namun kemudian bermusuhan). Sungai Gangga memisahkan kedua kerajaan tersebut.

Kerajaan Pandya merupakan salah satu kerajaan yang turut berpartisipasi dalam perang di Kurukshetra. Kerajaan tersebut muncul dalam kitab Mahabharata maupun Ramayana. Rajanya yang bernama Sarangadwaja dikatakan muncul dan terlibat dalam perang di Kurukshetra, memihak Pandawa

Kerajaan Parada merupakan wilayah yang didiami Suku Parada. Kerajaan tersebut muncul dalam kisah epik Mahābhārata. Mereka tinggal di sebelah utara Himalaya sehingga mereka jarang berhubungan dengan kerajaan India Kuno lainnya. Kerajaan tersebut masuk wilayah Provinsi Xin Jiang di China, dan Laddakh di Kashmir. Dalam Mahābhārata, mereka ikut berpartisipasi dalam perang di Kurukshetra serta memberi upeti untuk mendukung upacara Rajasuya yang diselenggarakan Raja Yudistira.

Kerajaan Parama Tiongkok

Kerajaan Parama Kamboja

Kerajaan Parasika merupakan kerajaan yang dihuni oleh suku Parasika. Kerajaan tersebut muncul dalam kisah epik Mahābhārata bersama dengan kerajaan lain yang sejenis seperti misalnya: Yawana, China, Kamboja, dll. Tidak jelas apakah nama kerajaan tersebut ada hubungannya dengan senjata “Parasu” (kapak-perang) yang dipakai oleh para ksatria zaman India Kuno seperti Parasurama.
Menurut Mahābhārata, kerajaan ini termasuk salah satu kerajaan yang berada di wilayah India Utara.

Kerajaan Parwata merupakan wilayah yang dihuni sebuah suku yang dikenal dengan nama Parwata (manusia gunung), muncul dalam kisah epik Mahabharata. Kerajaan Parwata sering digambarkan sebagai sebuah negeri pegunungan di wilayah Himalaya. Parwata merupakan orang-orang dari Nepal. Kerajaan ini ikut berpartisipasi dalam perang di Kurukshetra

Kerajaan Pragjyotisha merupakan kerajaan mitologi dalam susastra Hindu karena tidak diketahui dengan pasti keberadaannya. Raja yang terkenal dari Pragjyotisha adalah Raja Bhagadatta, yang memihak para Korawa pada saat perang di Kurukshetra dan gugur di tangan Arjuna. Kerajaan ini diduga merupakan wilayah Assam di India.

Kerajaan Pisacha merupakan kerajaan yang dihuni oleh para Pisacha, suku penghuni pegunungan yang berada di sekitar lembah Kashmir. Suku tersebut muncul dalam Mahābhārata sebagai suku yang eksotik bersama dengan suku lainnya. Kasmira dan Pisacha merupakan sekutu Duryodana. Beberapa di antara mereka menyembah Duryodana sebagai Dewa.

Kerajaan Pundra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s