Saka

Kerajaan Saka dihuni oleh suku bangsa Saka yang merupakan kelompok bangsa Mlechcha, bersama dengan Yawana, Tushara dan Barbara. Mereka kemudian dikenal sebagai Scythian. Mereka adalah peminum Soma, minuman memabukkan yang terkenal di kalangan para Dewa. Dalam Mahābhārata, kerajaan ini ikut berpartisipasi pada saat perang di Kurukshetra.

Kerajaan Salwa merupakan salah satu Kerajaan India Kuno yang berada di wilayah Barat dan muncul dalam kisah epik Mahābhārata. Kerajaan tersebut dekat dengan kerajaan Madra, seperti yang sering diuraikan dalam sastra. Ibukotanya bernama Saubha. Martikawati (alias Matika, Matrika, Matrikawati) juga muncul sebagai ibukota Kerajaan Salwa. Pangeran Satyawan yang terkenal berasal dari sana. Ia menikahi puteri Madra, Sawitri, anak Raja Aswapati dari Madra. Sejarahnya diuraikan dalam kitab Mahābhārata

Kerajaan Saraswata

Kerajaan Satyaputra merupakan kerajaan kecil yang terletak di sebelah timur lembah Gunung Malaya (Anamala, Palani dan Nilagiri). Kerajaan tersebut dikelilingi oleh kerajaan-kerajaan kuat, seperti Kerala di barat dan Pandya serta Chola di timur. Kerajaan tersebut muncul dalam Purana dan juga dalam susastra Tamil. Kerajaan tersebut merupakan bagian dari negeri Kongu.

Kerajaan Saurashtra merupakan salah satu dari kelompok kerajaan Wangsa Yadawa di India Tengah dan Barat. Kerajaan lain yang termasuk dalam kelompok tersebut meliputi: Kerajaan Chedi, Kerajaan Dasarna, Kerajaan Surasena atau Kerajaan Wraja, Kerajaan Karusha, Kerajaan Kunti, Kerajaan Awanti, Kerajaan Malawa, Kerajaan Gurjara, Kerajaan Anarta, Kerajaan Dwaraka, Kerajaan Heheya, dan Kerajaan Widarbha.
Kerajaan ini berada di sekitar wilayah semenanjung di Gujarat. Nama semenanjung yang merupakan wilayah Gujarat Selatan, juga bernama Saurashtra.

Kerajaan Sauwira
Kerajaan Sindhu, Kerajaan Wideha merupakan salah satu kerajaan India Kuno, dipimpin oleh Raja Janaka pada zaman Ramayana. Ia merupakan ayah Dewi Sita, istri Sri Rama. Sedangkan adik Rama menikahi adik Sita. Hubungan itu membuat Kerajaan Wideha bersahabat dengan Kerajaan Kosala. Mithila adalah nama ibukotanya, sekarang diidentifikasi sebagai Janakpur, sebuah kota di Nepal Selatan.

Kerajaan Sinala (Sinhala) terletak di pulau Lanka (Alengka), yang di masa sekarang disebut Sri Lanka, dan muncul dalam kisah Mahābhārata. Ada pendapat bahwa mungkin mereka merupakan koloni dari Kerajaan Wanga. Kemudian menyebar sampai ke Kerala di benua India. Ada pendapat lain yang menghubungkannya dengan Kerajaan Kamboja yang memiliki kota bernama Sinha-pura (dalam bahasa Sansekerta berarti “Kota Singa”) di wilayah Bahlika, India barat laut.
Kerajaan Siwi (alias Sibi, Shibi, Sivi, Shivi) merupakan nama salah satu kerajaan India Kuno dan juga merupakan nama seorang Raja yang muncul dalam kisah Mahābhārata. Ada yang berpendapat bahwa Raja tersebut disebut Siwi karena negerinya (Siwi) sangat terkenal, dan ada pendapat bahwa Kerajaan Siwi dinamai menurut rajanya, Siwi. Siwi (alias Sibi, Saiwya) merupakan seorang Raja yang terkenal karena kejujurannya.

Dalam kisah epik juga disebut bahwa Jayadrata merupakan Raja Sindhu, Sauwira dan Siwi. Ada kemungkinan bahwa Sauwira dan Siwi merupakan kerajaan yang dekat dengan Sindhu kemudian Jayadrata menaklukkan mereka dan memerintah keduanya. Jayadrata merupakan sekutu Duryodana dan suami dari adik Duryodana, Dussala.

Kerajaan Sonita merupakan negeri yang diperintah oleh Raja Asura bernama Bana atau Wana. Puterinya yang bernama Usha menikahi Pradyumna, putera Wasudewa Krishna. Kerajaan tersebut diidentifikasi sebagai Distrik Sonitpur, Assam.

Kerajaan Sudra

Kerajaan Suhma merupakan kerajaan di wilayah India Timur yang sekarang menjadi Bengala Barat dan Bangladesh. Kerajaan tersebut muncul dalam Mahābhārata, bersama dengan kerajaan tetangganya, Kerajaan Prasuhma, yang sekarang dikenal sebagai Bangladesh. Pendiri kerajaan tersebut memiliki leluhur yang sama dengan pendiri kerajaan Anga, Wanga, Kalinga, dan Pundra.
Kerajaan Surasena adalah sebuah kerajaan Wangsa Yadawa yang muncul dalam kisah epik Mahabharata. Ibukota kerajaan Surasena bernama Mathura, didirikan oleh Satrughna, adik Raja Rama yang memerintah di Kerajaan Kosala pada zaman Treta Yuga. Ia mendirikan kerajaan tersebut setelah mengalahkan Raja Asura — Madhu — yang tinggal di sebuah hutan bernama hutan Madhu, sesuai dengan namanya. Pada zaman Dwapara Yuga, kerajaan ini diambil alih kekuasaanya dari keturunan Satrughna oleh Wangsa Yadawa. Kota Mathura yang merupakan ibukota kerajaan tersebut kini terletak di Uttar Pradesh.
Raja yang terkenal adalah Kamsa (dalam Mahabharata), yang sempat memerintah di Kerajaan Surasena. Karena Kamsa lalim, ia dibunuh oleh Kresna, putra Wasudewa. Setelah itu Kresna mengambil alih pemerintahan Surasena. Ketika invasi Raja Jarasanda, wangsa Yadawa mengungsi ke Dwarka dan mendirikan kerajaan di sana, bernama Kerajaan Dwaraka

Kerajaan Surparaka merupakan salah satu kerajaan India Kuno, didirikan oleh Bhargawa Rama (disebut juga Parashurama) di dekat pantai barat, dekat dengan hilir sungai Narmada. Kerajaan tersebut juga muncul dalam kisah epik Mahābhārata. Parashurama memberikan kerajaan tersebut kepada keturunan Kashyapa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s