Wangga

Kerajaan Wangga (ejaan Sansekerta: Vanga) merupakan kerajaan yang terletak di wilayah India Timur, yang mana di masa sekarang bernama Benggala. Bangsa di sana merupakan penjelajah lautan. Para pendiri kerajaan di wilayah India Timur yaitu: Angga, Wangga, Kalingga, Pundra, dan Suhma — memiliki leluhur yang sama. Angga, Wangga dan Kalingga dikatakan sebagai kerajaan yang dekat dalam Bharatawarsha (India Kuno). Konon di Wangga dan Kalingga terdapat berbagai tempat-tempat suci dan Arjuna pernah mengunjungi semuanya, pada saat berziarah mengarungi daratan India selama 12 tahun.

Pendiri lima kerajaan di India Timur memiliki leluhur yang sama. Mereka semua diadopsi oleh seorang Raja bernama Bali, yang lahir sebagai putera Gautama Dirghatama, yang tinggal di Magadha dekat dengan kota Girivraja.

Kerajaan Watsa merupakan salah satu kerajaan India Kuno yang terletak di wilayah aliran sungai Gangga dengan ibukota bernama Kausambi, sekarang dikenal sebagai Kosam, sebuah kota kecil di Uttar Pradesh, India. Terdapat situs bersejarah yang dikenal sebagai “Puing-puing Kosam” di kota tersebut dan dipercaya sebagai bekas kota Kausambi pada zaman India Kuno. Kerajaan Watsa muncul dalam kisah epik Mahābhārata

Kerajaan Widarbha merupakan salah satu kerajaan yang diperintah oleh para Raja dari Wangsa Yadawa (Bhoja Yadawa) di wilayah India Tengah dan Barat. Dalam Mahabharata, kerajaan ini muncul pada saat pemerintahan Raja Rukmi, yang tidak ikut berpartisipasi dalam perang di Kurukshetra.

Puteri Damayanti, permaisuri Raja Nala, berasal dari sana. Begitu pun Rukmini, istri dari Wasudewa Krishna berasal dari Widarbha. Lopamudra, istri Rsi Agastya juga merupakan puteri dari negeri Widarbha. Kundinapuri merupakan nama ibukotanya, dan diidentifikasi sebagai Kundapur di Maharashtra timur. Saudara lelaki Rukmini —Rukmi — mendirikan kerajaan lain dengan ibukota Bhojakata, dekat dengan kerajaan Widarbha yang asli. Pada saat seluruh kerajaan di India berpartisipasi dalam perang di Kurukshetra, kerajaan Widarbha mengaku netral karena tentaranya ditolak oleh Pandawa maupun Korawa, dua pihak yang berseteru dalam perang. Namun dalam suatu bagian dalam Mahabharata, tentara kerajaan Widarbha yang lain berada di pihak Korawa di bawah pimpinan panglima perang Bhisma.

Kerajaan Wideha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s