Senjata Arjuna

FAKTA MENARIK TENTANG SENJATA ARJUNA

arjuna arjuna-ciptoning

– Brahma menciptakan Gandiwa selama 1000 tahun, kemudian di berikan pertama kali pada Shiwa selama 1000 tahun dan dipertahankannya dengan baik sebagai Prajapati, kemudian di berikan kembali dan dimiliki Brahma selama 503 tahun, di miliki Indra untuk 85 tahun, di miliki Chandra untuk 500 tahun, setelah itu Waruna menyimpannya selama 100 tahun. kemudian digunakan Arjuna untuk 65 tahun. (MBH 4.43)

* Catatan: Prajapati istilah yang diambil sebagai referensi untuk Siwa, yang merupakan salah satu dari 21 Prajapatis (MBH 12,334).

– Arjuna menerima Gandiwa dari Waruna atas rekomendasi dari Agni. Waruna juga memberikan Arjuna, dua Kantong Panah yang tak pernah habis, sebuah kereta yang dibuat oleh Wiswakarma yang memiliki bendera Hanuman, dan tunggangan empat Kuda putih yang lahir di wilayah Gandharwa (MBH 1,226)

– Pasokan panah yang tak terbatas membuat Arjuna kelelahan membidikkan anak panahnya yang selalu di patahkan Siwa, Ketika pertemuannya dengan Siwa. Membuat Arjuna terkejut dan merasa heran, kemudian Arjuna menyerang Mahadewa dengan Gandiwa. Tapi Shiwa menyambar busur dari tangan Arjuna. (Mbh. 3,39).

– Ketika Arjuna mengunjungi surga, 1.000 mata Indra tertutup ketika melihat Gandiwa di tangan Arjuna, kemudian Indra perintahkan Arjuna menitipkan Gandiwa di luar surga (MBH 3,167)

– Gandiwa dikatakan menanggung beban yang berat (MBH 4,40), dan memiliki panjang ‘tãlamãtra’ (MBH 5,161, 8,68). Interpretasi Tãlamãtra bervariasi (pohon palem, sepanjang lengan, empat sampai enam hasta, dll)

– Arjuna juga dikenal sebagai “Savyasachin” Ksatria terbaik yang bisa menarik busur dengan tangan yang lincah (MBH 4,44)

– Arjuna sudah bersumpah untuk memotong kepala siapa pun yang memintanya untuk memberikan busurnya (MBH 8.69)

– Selama hari-hari terakhir para Pandawa ‘di bumi, Arjuna, bertemu Agni dan menasehatkan untuk, mengembalikan Gandiwa dan kantong panahnya untuk Waruna dengan melemparkan senjata itu ke dalam laut. (Mbh. 17.1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s