Barbarika

Dalam wiracarita Mahabharata, Barbarika (IAST: Barbarīka) adalah putera Gatotkaca dan Maurwi, puteri Muru, seorang Raja Yadawa.

Barbarika sebenarnya seorang yaksha, dan terlahir sebagai manusia.

Ia bertarung dalam pertempuran akbar di pihak Korawa. Meskipun ia ingin bertarung di pihak Pandawa, ia teguh pada prinsipnya untuk bertarung di pihak yang mengalami kekalahan, maka dari itu ia memihak Duryodana karena Duryodana menderita kekalahan lebih banyak daripada Pandawa. Maka ia bertarung dengan ayahnya, Gatotkaca, dan kakeknya, Bima, dan mengalahkan mereka berdua. Ia menjadi tak terkendali dalam pertempuran, dan bahkan mengalahkan ksatria yang konon tak dapat ditaklukkan seperti misalnya Arjuna dan Satyaki. Akhirnya ia dibunuh oleh Kresna, yang memakai senjata Sudarshana Chakra miliknya. Ia bergabung dengan pasukan Korawa pada hari ke-14 Bharatayuddha setelah kematian Jayadrata di tangan Arjuna.

Untuk versi lain tentang kisah dan kehidupannya, lihat Khatushyamji.

Dalam agama Hindu, Khatushyamji adalah nama dan manifestasi dari Barbarika, putera Gatotkaca. Manifestasi ini khususnya populer di Rajasthan. Nama asli Barbarīka dari bahasa Sansekerta seringkali diganti di Rajasthan dengan versi bahasa Hindi, Barbarīk, sering ditulis Barbareek.

Barbarika memperoleh anugerah dari Kresna sebuah pengaruh bahwa dirinya akan dikenal dengan nama milik Kresna (Shyam) di zaman Kali Yuga (masa sekarang) dan dipuja. Kresna mengatakan bahwa pemuja Barbarika akan diberkati hanya dengan melafalkan namanya dari lubuk hati mereka. Permohonan mereka akan dikabulkan dan masalah disingkirkan jika mereka memuja Shyamji (Barbarika) dengan kesalehan yang sejati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s