Korawa Bersaudara

FAKTA KURAWA BERSAUDARA

1. Nama Korawa secara umum berarti “keturunan Kuru”. Kuru adalah nama seorang Maharaja yang merupakan keturunan Bharata,

2. Korawa (putera Dretarastra) yang utama berjumlah seratus, namun mereka masih mempunyai saudara dan saudari pula. Yaitu Yuyutsu, yaitu anak Dretarastra tetapi lain ibu, ibunya seorang wanita waisya. Kemudian dari Ratu Gandari, lahir seorang putra lagi bernama Duskampana dan seorang putri bernama Dursala

3. Duryudana merupakan saudara yang tertua di antara seratus tiga Korawa.

4. Mitologi india mengatakan bahwa Duryodana merupakan inkarnasi dari Iblis Kali. Yang pada akhirjaman nanti akan muncul kembali dan di bunuh oleh awatara tuhan wisnu yang terakhir yaitu ksatria kalki.

5. nama Duryodana dalam bahasa Sansekerta memiliki arti “sulit ditaklukkan” atau dapat pula berarti “tidak terkalahkan”.

6. Kelahiran Duryodana bersamaan dengan kelahiran Bima putra Pandu dan Kunti

7. Dalam india Kritawarma bukanlah bagian dari kurawa bersaudara, melainkan golongan dari wangsa wresni dari Kerajaan Bhoja putra Raja Herdika

8. Dalam india Bhagadatta bukanlah bagian dari kurawa bersaudara, melainkan putra dari Raja Narakasuru anak dari awatara wisnu berupa waraha (babi hutan raksasa) dengan dewi pertiwi

9. Dari kurawa bersaudara yang paling di sayangi duryudana adalah Dursasana dan adik perempuannya Dursala

10. nama Dursasana dalam bahasa Sansekerta memiliki arti ”sulit untuk dikuasai” atau ”sulit untuk diatasi”.

11. Kelahiran Dursasana bersamaan dengan kelahiran Arjuna putra Pandu dan Kunti

12. Dursala adalah satu-satunya wanita dalam anggota Kurawa bersaudara

13. Nama Saudari perempuan duryudana adalah dursala, dalam jawa nama
saudari perempuan duryudana adlah dursila dan dursala adalah nama anak dari dursasana.

14. Raja salya dari kerajaan Madrah bukanlah mertua dari duryudana, baladewa dan karna

15. Bonawati putri raja salya bukanlah istri dari duryudana, nama istri duryudana dalam india tidak di sebutkan namanya.

16. Dalam cerita india duryudana tidak pernah menjadi raja di hastinapura seperti yang di ceritakan jawa.

17. Putra duryudana bukanlah laksmana mandrakumara, nama anak duryudana dalam india tidak di sebutkan namanya.

18. Kerajaan Angga adalah kerajaan yang dikuasai duryudana, kemudian ia memberikannya kepada karna dan mengangkatnya menjadi raja.

19. Tidak ada saudara duryudana yang menjadi raja dalam cerita india, di jawa terdapat kurawa yang menjadi raja seperti Widandini (raja negara Purantara) Gardapati (raja Bukasapta), Bogadatta (raja Turilaya)

20. Duryudana membela karna dari ejekan bima dan arjuna ketika acara wisuda murid bimbingan resi drone, dengan berkata “seorang ksatria tidak harus terlahir dari wangsa ksatria, ia bisa lahir di kasta yang paling bawah sekalipun. Jika
semuanya masih meragukan ksatriaan karna maka aku angkat dia menjadi raja angga”

21. Dalam india Tidak ada kurawa senang menculik perempuan desa seperti yang di critakan jawa yang antara lain Habaya, Durkarana dan Citraga yang Ketiga orang ini mati di tangan Prabu Salya menjelang Baratayudha. Ketika Salya memergoki mereka melakukan aksinya.

22. Dalam india sewaktu kisah kresna menjadi duta pandawa ke hastinapura kresna tidak membunuh kurawa dengan bertriwikrama mnjadi raksasa dan menginjak-injak kurawa. Tapi menunjukkan wujut ketuhanannya dan hanya 3 orang berhati suci yang bisa melihat antara lain bhisma, widura dan drona.
Dalam jawa Citrawarma. Citramarma, Dirgabahu, Jalasaha, Patiweya dan Windandini mati ketika peristiwa Kresna Duta. Terinjak-injak Brahalasewu perwujudan dari Kresna.

23. Di india tidak ada anggota kurawa bersaudara yang bersikap netral dalam perang barata yuda semuanya memihak kakak tertuanya duryudana, kcuali saudara tiri kurawa yang bernama yuyutsu yang memihak pandawa.
Dalam jawa mreka yang bersikap netral adalah Durmuka dan Drestaketi

24. Yuyutsu adalah saudara tiri para kurawa yang memihak pada pandawa dalam perang barata yuda

25. Yuyutsu dan wikarna adalah kurawa yang tidak setuju dengan permainan dadu yang di lakukan kakaknya duryudana bersama para pandawa.

26. Dalam perang barata yuda Kebanyakan para kurawa bersaudara di bunuh oleh bima.

27. Jayadrata adalah suami dari dursala adik perempuan duryudana,

28. Tidak ada anggota kurawa bersaudara yang menguasai senjata panah semahir arjuna. Kebanyakan kurawa menguasai senjata Gada, pedang, kapak, tumbak dan lembing.

29. Duryudana adalah murid baladewa yang paling pandai menguasai senjata gada, melebihi kemampuan bima yang juga muridnya.

30. Tidak ada yang bisa mengalahkan duryudana dalam perang gada.

31. Di india hanya ada tuju orang yang menguasai senjata gada, mereka adalah Baladewa, duryudana, Karna, Bima, Kicaka, Jayadrata dan Jarasanda

32. Bhisma berkata pada karna ketika bharatayuda “kesalahan dursasana dalam hidupnya adalh dia terlalu mencintai kakaknya duryudana.”

33. Dalam pandangan para sarjana Hindu masa kini, Duryodana merupakan raja yang kuat dan cakap, serta memerintah dengan adil, namun bersikap licik dan jahat saat berusaha melawan saudaranya (Pandawa). Seperti Rawana, Duryodana sangat kuat dan berjaya, dan ahli dalam ilmu agama, namun gagal untuk mempraktekkannya dalam kehidupan.

34. Duryodana juga merupakan salah satu tokoh yang sangat menghormati orangtuanya. Meskipun dianggap bersikap jahat, ia tetap menyayangi ibunya, yaitu Gandari. Setiap pagi sebelum berperang ia selalu mohon do’a restu, dan setiap kali ia berbuat demikian, ibunya selalu berkata bahwa kemenangan hanya berada di pihak yang benar. Meskipun jawaban tersebut mengecilkan hati Duryodana, ia tetap setia mengunjungi ibunya setiap pagi.

35. Di wilayah Kumaon di Uttranchal, beberapa kuil yang indah ditujukan untuk Duryodana dan ia dipuja sebagai dewa kecil.

36. Suku Kumaon di pegunungan memihak Duryodana dalam Bharatayuddha. Ia dipuja sebagai pemimpin yang cakap dan dermawan.

37. Semasa hidupnya gandari tidak pernah melihat fisik dan wajah anak-anaknya sampai tumbuh dewasa. Karena sudah bersumpah menutup matanya seperti butanya mata suaminya Dari sekian banyak anaknya yang pernah di lihat gandari hanyalah duryudana anaknya yang paling tua.

38. Raja salya adlah paman dari nakula dan sadewa yang memihak kurawa dalam perang bharatayuda karena tipu muslihat duryudana.

39. Pangeran rukmi dari kerajaan widharba adalah kerajaan yang di tolak bergabung oleh duryudana menjelang perang baratayuda.

40. Pada hari ke 14 perang bharatayuda duryudana mengirim bantuan 28 saudaranya untuk membantu karna yang berperang melawan bima. Tapi semuanya terbunuh oleh bima.

41. Dari sekian banyak kurawa yang dibunuh oleh bima, kematian wikarnalah yang membuat bima merasa terpukul.

42. Ketika kematian karna duryudana berkata pada raja salya ”aku bisa memaafkan pandawa yang telah membunuh saudara-saudara ku, tapi aku tidak bisa terima atas kematian sahabat ku karna, tidak ada perdamaian. Buat apa tahtah hastinapura tanpa sahabat ku karna di sisiku. ”

43. Ketika duryudana dan arjuna datang ke krajaan dwaraka untuk meminta bantuan perang pada kresna atasnama wangsa wresni golongan ksatria dan ketentaraan yang terkuat di india. Arjuna meminta kresna menjadi kusir kretanya dan penasehat. Kresna berjanji tidak angkat senjata dalam perang dan memberikan semua pasukan dan ksatria kerajaan dwaraka pada duryudana.

44. Ketika duryudana meminta bantuan gurunya baladewa atas nama kerajaan mathura di pihak hastinapura, baladewa memilih intuk netral tidak melibatkan diri dalam pertempuran karena pandawa adalah saudara sepupunya dan kurawa adlah murid-muridnya.
Dalam jawa baladewa bersedia berpihak pada kurawa, tapi atas taktik kresna adinya baladewa tidak bisa menghadiri pertempuran sampai pertempuran berakhir.

45. Dalam india yang paling di takuti kurawa dari lima pandawa adalah arjuna di karenakan kemahirannya olah senjata panah dan senjata dewata.
Dalam jawa kurawa lebih takut pada kekuatan bima dari pada keahlian arjuna dalam memanah. Padhal dalam india bima pun dapat dikalahkan duryudana dalam perang gada.

46. Yuyutsu saudara tiri kurawa yang masi hidup usai perang baratayuda, ia menggelar upacara yadnya untuk mendoakan saudara-saudaranya dan hastinapura.

47. Yang mengkremasi jasad karna kakak dari lima pandawa adalah Duryudana yang seharusnya adlah Yudistira sebagai adik dari karna, tapi kresna mngatakan bahwa duryudana lah yang lebih berhak atas karna.

48. Arjuna dan duryudana bersaing Dalam mendapatkan cinta subadra adik perempuan kresna dan baladewa.
Dalam jawa yang bersaing dengan arjuna adalah burisrawa bukan duryudana.

49. Tidak ada istilah upacara tumbal dalam pelaksanaan perang baratayuda di india
Di jawa pihak kurawa duryudana menumbalkan dua orang nelayan untuk kemenangan perang. Pihak pandawa kresna menumbalkan antareja, antasena putra bima dan wisanggeni putra arjuna.

50. Tidak ada pesta minum-minuman keras sebelum permainan dadu antara kurawa dan pandawa seperti yang di ceritakan jawa
Di india pandawa di undang dengan sadar tanpa paksaan dan datang sukarela dengan waspada.

51. Akhir perang baratayuda paha duryudana hancur oleh gada bima. Dengan melakukan kcurangan yg sebenarnya tidak boleh memukul anggota badan di bawah perut untuk perang gada. Bima melakukan demi sumpahnya untuk mematahkan kedua paha duryudana yang mau mendudukkan drupadi di pahanya waktu permainan dadu. Dan duryudana pun terkena kutukan resi narada bahwa kelak pahanya akan hancur oleh gada bima.

52. setelah perang bharatayuda usai kerajaan indraprasta di berikan yudistira kepada yuyutsu saudara tiri kurawa, dan yudistira menjadi raja di kerajaan hastinapura

53. kurawa dalam perang baratayuda berkekuatan 11 kerajaan termasuk krajaan

dwaraka krajaan terkuat di india milik kresna, dan pandawa hanya berkekuatan 7 kerajaan.54. kesatria pihak kurawa yang bertahan hidup usai barata yuda cuman 3 satria=resi kripa,aswatama da kritawarma.
jawa menceritakan usai baratayuda aswatama mati terkena pasupati arjuna, dan kritawarma mati terkena gada bima ketika keduanya mau menculik parikesit cucu arjuna. resi kripa tetap hidup sebagai guru di hastinapura

55. di karenakan gandari mau menerima dangan tulus dan tegas lamaran bhisma untuk destarata walau memiliki kekurangan buta sejak lahir maka bhisma memberkati gandari akan memiliki anak yang banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s