Dakshina Kosala · Danda · Darada · Dasarna · Dravida · Dwaraka

Kerajaan Dakshina Kosala atau Kosala Selatan merupakan salah satu kerajaan India Kuno yang menjadi koloni para Raja Kosala dan diidentifikasi sebagai negara bagian Chattisgad. Ibu Sri Rama, Kosalya, berasal dari kerajaan tersebut.

Kerajaan Danda (alias Dandaka, kerajaan dan hutannya memiliki nama sama) adalah negara koloni Alengka di bawah pemerintahan Rahwana. Gubernur Rahwana bernama Kara memerintah provinsi tersebut. Wilayah itu adalah benteng pertahanan yang kuat bagi suku rakshasa yang hidup di hutan Dandaka. Wilayah ini meliputi distrik Aurangabad di Maharashtra dengan Janasthana (Kota Aurangabad) sebagai ibukotanya. Disinilah raksasa Kara menyerang Ragawa Rama dari Kosala, yang tinggal bersama istri dan adiknya di Pancawati (zaman sekarang disebut Nasik) , tidak jauh dari sana.
Referensi dalam Mahabharata
Meski Dandaka disebutkan dalam wiracarita Ramayana, dengan sangat detail, beberapa kemunculan kerajaan ini ditemukan dalam Mahabharata.
Kemenangan Sadewa
Sadewa, jenderal Pandawa, adik Raja Pandawa Yudistira, pergi ke wilayah selatan untuk mengumpulkan upeti untuk upacara Rajasuya yang diselenggarakan Sang Raja.
Sadewa, setelah mengumpulkan berlian dan permata dari Raja Rukmini (memerintah di ibukota kedua Kerajaan Widarbha, bernama Bhojakata), melanjutkan perjalanan ke selatan. Di sana ia menaklukkan wilayah Surparaka, Talakata, dan juga Dandaka.
Kerajaan Darada merupakan kerajaan suku Darada yang mendiami lembah Kashmir sebelah utara. Kerajaan tersebut diidentifikasikan sebagai wilayah Gilgit di Kashmir sepanjang sungai Sindhu atau Indus. Kerajaan tersebut muncul dalam kisah epik Mahabharata yaitu ketika Arjuna sedang dalam misi mengumpulkan upeti untuk mendukung upacara Rajasuya yang diselenggarakan Raja Yudistira.
Kerajaan Darada juga muncul dalam kitab-kitab Purana bersama dengan kerajaan Kamboja, China, Tushara, Bahlika, dll. Menurut Bhuwanakosha dalam kitab Purana, kerajaan Darada, Kamboja, Tushara, Bahlika, Lampaka, dan lain-lain dimasukkan ke dalam bagian Uttarapatha pada zaman India Kuno.

Kerajaan Dasarna merupakan salah satu kerajaan yang diperintah oleh Wangsa Yadawa di India Tengah dan Barat. Kerajaan ini terletak di selatan Chedi dan Panchala, di sebelah utara Madhya Pradesh. Di wilayah India Barat, ada kerajaan Dasarna lain bersama dengan Siwi, Trigarta, Malawa Barat dan Amwastha, di provinsi Punjab, Pakistan.
Dalam Mahabharata, Srikandi — pangeran Panchala — menikahi puteri Raja Dasarna. Namun Srikandi seorang waria. Hal ini menimbulkan pertentangan antara kerajaan Dasarna dan Kerajaan Panchala.

Kerajaan Dravida

Kerajaan Dwaraka adalah sebuah kerajaan yang didirikan wangsa Yadawa setelah melepaskan diri dari Kerajaan Surasena karena diserbu oleh raja Jarasanda dari Magadha. Kerajaan ini diperintah oleh Krishna Wasudewa selama zaman Dwapara Yuga. Wilayah Kerajaan Dwaraka meliputi Pulau Dwaraka, dan beberapa pulau tetangga seperti Antar Dwipa, dan sebagian wilayahnya berada di darat dan berbatasan dengan negeri tetangga yaitu Kerajaan Anarta. Wilayah tersebut terlihat seperti negara Yunani yaitu negeri dengan pulau-pulau kecil dan sebagian berupa wilayah daratan. Kerajaan Dwaraka kira-kira terletak di sebelah Barat Laut Gujarat. Ibukotanya bernama Dwarawati (dekat Dwarka, Gujarat).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s